Friday, November 18, 2011

Buatku Surga Itu...

Buatmu, surga duniawi mungkin terasa seperti makan makanan terenak di dunia, belanja di seluruh penjuru mal tanpa takut kantong jebol, menghabiskan akhir pekan di tempat terindah di dunia, atau sekedar berada di samping orang yang kaukasihi. Tapi buatku, setiap kali memasuki ruangan yang dipenuhi buku, aku seperti menjejakkan kaki di surga.
Setiap aku melangkah, bukan malaikat yang menyambutku dengan nyanyian, tapi setiap pengarang yang aku kagumi mati-matian karyanya; bergandengan tangan dengan tokoh-tokoh yang mereka ciptakan. Ketika aku mengambil sebuah buku, mereka duduk di sampingku, menyuarakan cerita yang kubaca, membawa kisah mereka hidup di depan mataku.

Aku bukan orang munafik; aku tak akan mungkin bisa menolak wangi makanan terenak di dunia, semangkok bakso dengan bawang goreng renyah dan bersendok-sendok sambal, misalnya. Atau menenteng bertumpuk-tumpuk kantong belanjaan berisi baju cantik. Atau menghirup udara segar sambil bersepeda di yang New Zealand yang berbukit-bukit hijau, bersisian dengan seseorang yang mampu membuatku tertawa geli ketika air mata sudah sampai di pelupuk mata. Tapi ketika semua hal yang kusebutkan tadi tidak mampu mengobati birunya hati, ketika aku berdiri di depan buku-bukuku yang berbaris rapi, aku tak merasa sendiri. Aku bisa menghambur ke pelukan Hermione, minum teh bersama Jane Austen, membaca di samping Charlie, mengumpat bersahut-sahutan dengan Holden Caulfield, jatuh cinta dengan Bella Swan. Aku bisa memasuki petualangan tak terduga, merasakan hal-hal yang belum pernah kurasakan. Dengan menghirup wangi kertas dan membaca rentetan kata yang cantik, aku merasa seperti di surga. Di surga yang hangat seperti rumah.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan ini dibuat sebagai wujud partisipasi dalam http://surgabukuku.wordpress.com 1st Birthday Giveaway.

No comments:

Post a Comment