Tuesday, July 2, 2013

Tema Baca Bareng BBI Juli 2013

Haaaaaiiiii! Kembali lagi di postingan tema baca bareng BBI bulan ini. Senangnyaaaa udah bulan Juli. Ini bulan liburaaaan! (buat anak sekolah aja sih) Walaupun liburan, baca dan mereview harus jalan terus ya.. Jangan belanja buku lalu ditimbun melulu :D *ngomong gini sambil ngumpetin timbunan di rumah* Tak usah berlama-lama, untuk bulan Juli ini ada dua tema yang bisa dibaca:


1. Buku Anak
Nah, sehubungan dengan identiknya bulan Juli dengan liburan, salah satu tema bulan ini adalah buku anak-anak. Ada dua kategori yang bisa dipilih dalam tema baca bareng ini, yaitu:
       
1. Buku-buku yang memang ditargetkan untuk anak-anak. Buku yang dibaca boleh dari berbagai kalangan umur, mulai dari pre-school yaitu umur sebelum sekolah di mana anak-anak umumnya belum bisa membaca atau sedang belajar membaca sehingga buku-buku ini dibacakan orang tuanya (cth: Where The Sidewalk Ends, buku-buku Dr.Seuss, dongeng, buku bergambar, dan lainnya); middle grade yaitu umur SD (6-12 tahun) yang buku-bukunya biasanya bertema persahabatan, petualangan, keluarga, dan lainnya (cth: buku-buku karangan Roald Dahl, Enid Blyton, C.S Lewis,dan lainnya); hingga pre-teen, yaitu umur 10-12 tahun yang umumnya bukunya bertemakan persahabatan dan sedikiiiit cinta-cintaan (cth: buku-buku karangan Judy Blume, J.K Rowling, dan lainnya)
          2. Buku-buku yang dulunya dibaca semasa kecil. Jadi, buku-buku ini tak terbatas tema maupun target umurnya. Kalau dulu baca kumcer Bobo, atau malah Ulysses, Infinte Jest, atau... stensilan? Hayuk aja dibaca ulang, nostalgia, lalu direview. (Ada gitu ya yang semasa kecil baca stensilan) Sertakan juga ya alasan kenapa baca buku tersebut.
Buku-buku dalam tema ini tak terbatas bentuknya. Maksudnya, buku yang dibaca boleh komik, novel, kumpulan cerita, kumpulan puisi, buku bergambar, atau yang lainnya. Mau baca buku anak-anak bahasa Inggris atau Indonesia pun silakan.

Masih bingung mau baca apa? Yuk, diintip list-list buku anak-anak di Goodreads.


2. Historical-fiction
Tema kedua adalah historical-fiction atau buku fiksi berlatar historis. Sekali lagi perlu dicatat bahwa buku yang dibaca adalah fiksi, yang namun diceritakan dengan latar peristiwa sejarah atau yang karakternya adalah pelaku sejarah. Latar tempat/waktu dan pelaku sejarah ini sangat penting dalam menentukan apakah buku yang dibaca adalah novel historis atau bukan. Buku-buku historical-fiction umumnya sangat detil sejarahnya karena ini penting dalam membangun "dunia" yang meyakinkan di pikiran pembaca yang tentunya tak pernah menjejakan kaki dalam peristiwa sejarah tersebut. Tentunya, karena ini cerita fiksi, umumnya baik narasi atau percakapan dan cerita inti di dalamnya bersifat rekaan dan perkiraan.

Buku historical-fiction kini banyak digabung dengan genre lain, seperti fantasi, romens, thriller, dan lainnya. Target umurnya pun beragam, dari anak-anak hingga dewasa.

Pengen baca lebih lanjut soal buku-buku bertema ini? Bisa di lihat di list ini atau intip Wikipedia :)

Seperti biasa, jika ada pertanyaan tambahan bisa ditulis di kolom komentar di bawah ini. Selamat membaca dan berbulan Juli :)

7 comments:

  1. Wah, kebetulan aku baru kelar buku tema yang pertama :D

    ReplyDelete
  2. Wah stensilan apaan tuh di masa kecil? #gagaltema

    ReplyDelete
  3. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen poker online terpercaya...poker uang asli..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    ReplyDelete
  4. ok gan. Keren tuh list bukunya :D .
    Saya menemukan website baru yang menjual softlens x2 & acuvue dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim
    Ayo cek Softlens Online

    ReplyDelete