Tuesday, July 2, 2013

Tema Baca Bareng BBI Juli 2013

Haaaaaiiiii! Kembali lagi di postingan tema baca bareng BBI bulan ini. Senangnyaaaa udah bulan Juli. Ini bulan liburaaaan! (buat anak sekolah aja sih) Walaupun liburan, baca dan mereview harus jalan terus ya.. Jangan belanja buku lalu ditimbun melulu :D *ngomong gini sambil ngumpetin timbunan di rumah* Tak usah berlama-lama, untuk bulan Juli ini ada dua tema yang bisa dibaca:

Monday, July 1, 2013

Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya - Dewi Kharisma Michellia


Judul: Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya
Penulis: Dewi Kharisma Michellia
Jumlah halaman: 240 hlm
Rilis: Juni 2013 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN13 9789792296402

 
Ada sepasang manusia yang saling menganggap dirinya adalah alien. Tersesat, berbeda, dan asing dibandingkan manusia-manusia lain di sekelilingnya. Tak pernah cukup tahu bagaimana menempatkan diri di tengah kumpulan manusia yang seragam. Kedua alien ini saling menemukan kecocokan dalam keasingan mereka. Lalu mereka berteman. “Kau bilang kita dapat mengirimkan sinyal-sinyal yang hanya kita saja yang tahu. Kau bilang kita barangkali adalah pasangan alien sejati.”

Wednesday, June 19, 2013

Wishful Wednesday [4]

Halo! Akhirnya ketemu Rabu lagi. Gak kerasa ya, cepet banget tau-tau udah seminggu berlalu.

Kali ini aku mau cerita tentang dua buku yang lagi aku idam-idamkan. Kenapa dua? Ya pengen aja dua. Eh maksudnya.. Karena dua tema buku ini serupa, walaupun dikemas berbeda :D

Wednesday, June 12, 2013

Wishful Wednesday [3]

Yaaaay, hari Rabu! Udah lama rasanya gak ikut Rabu Berandai-andai alias Wishful Wednesday. Udah lama gak ikut Wishful Wednesday, nih!

Saya sangat suka surat. Saya suka membaca dan menulis surat, namun sayangnya di era digital seperti ini budaya surat-menyurat rasanya sudah mulai ditinggalkan. Kalau dulu suka nulis surat cinta ke idola saya, sekarang paling banter saya kirim e-mail aja. Itu pun bukan ke idola, hihi.

Saturday, June 8, 2013

Monday, June 3, 2013

Tema Baca Bareng BBI Juni 2013


Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, setiap awal bulan saya akan membuat posting tentang buku-buku yang berada di dalam tema baca bareng BBI. (tema selengkapnya bisa dilihat di sini)

Untuk bulan Juni ini, temanya adalah sastra Eropa dan romance.



Thursday, May 9, 2013

Tema Baca Bareng BBI Mei 2013


Mulai bulan ini, saya akan menuliskan sebuah posting di awal bulan mengenai tema-tema baca bareng yang Divisi Event telah tetapkan, mengingat banyak yang bingung memilih buku apa yang tepat dan tidak melenceng dari tema.

(Tema baca bareng BBI bulan Februari-Desember bisa dilihat di sini)

Monday, May 6, 2013

Rapid Fire Questions

Hari Jumat saya yang damai terusik dengan ramainya grup BBI Bajaj di WhatsApp yang sibuk ngomongin PR. Waduh, PR apakah ini? Apakah saya buka grup yang salah? Atau apa saya bermimpi masih ada di sekolah? Apa dinosaurus tidak jadi punah?

Walah, ternyata PR yang dimaksud adalah setumpuk pertanyaan dari Kak Putri. Nah, pertanyaan seperti apa? Lebih susah dari UN gak ya? Itu masih misteri buat saya waktu itu.

Katarsis - Anastasia Aemilia

Judul: Katarsis
Penulis: Anastasia Aemilia
Jumlah halaman: 264 hlm
Rilis: April 2013 oleh Gramedia Pustaka Utama
ISBN13 9789792294668

Sebuah rumah di Bandung milik keluarga Johandi dirampok dengan sadis. Tiga orang tewas mengenaskan. Hanya dua yang selamat. Arif Johandi, masih dalam keadaan kritis karena banyak luka tusukan di sekujur tubuhnya. Keponakannya, Tara Johandi, si “Gadis yang Selamat Itu’, ditemukan dengan keadaan mengenaskan di dalam kotak perkakas yang ukurannya tak lebih daripada kandang anjing. Kedua tangannya diikat borgol. Polisi telah menangkap dua perampok yang diyakini sebagai pelakunya, yaitu Martin Silado dan Andita Pramani. Tapi bukti-bukti yang terkumpul justru mengarah ke hal lain. Maka itu, polisi berusaha mengorek informasi dan kesaksian dari Tara. Namun Tara masih syok berat. Maka Alfons, psikiaternya, dipanggil untuk memulihkan psikis Tara, setidaknya sampai Tara cukup stabil untuk dimintai keterangan. Dengan metode katarsis, yaitu dengan menghilangkan trauma atas sesuatu dengan secara menceritakan segalanya.

Friday, May 3, 2013

Slammed - Colleen Hoover

Judul: Slammed (Cinta Terlarang)
Penulis: Colleen Hoover
Jumlah halaman: 333 hlm
Rilis: April 2013 oleh Gramedia Pustaka Utama
ISBN13 9789792295184


Hidup Layken yang sederhana berubah ketika tiba-tiba ayahnya meninggal karena serangan jantung. Layken  yang masih 17 tahun kini harus menerima kenyataan bahwa kini hanya ada dia, ibunya, dan Kel adiknya. Layken dan ibunya kini harus berpikir keras bagaimana caranya menghidupi keluarga, karena ayahnya tidak meninggalkan tabungan yang banyak untuk mereka. Layken pun terpaksa menurut ketika ibunya memutuskan bahwa mereka harus pindah dari Texas dan tinggal di Michigan ketika ibunya mendapat tawaran pekerjaan di sana.

Thursday, May 2, 2013

Me Before You - Jojo Moyes

Title: Me Before You
Author: Jojo Moyes 
Pages: 482 pages (paperback)
Publication Date: January 5th 2012 by Michael Joseph (UK) 
ISBN 0718157834 (ISBN13: 9780718157838)
  

Me Before You revolves around Louisa or Lou Clark, a 26-year old girl who lives with her nuclear family in their small flat. She has to take care of her parents, her sister, and her niece. Lou lives her life without any aspiration, without the will to explore her life and push her boundaries – instead, she leads her life by waiting tables at The Buttered Bun CafĂ©, by being with her boyfriend who may-or-may-not-love-her-because-why-won’t-you-put-a-ring-on-her-finger.

Dijon Bookswap, Cara Bawa Pulang Buku Tanpa (banyak) Dosa

Seringkali kita terjebak dengan keharusan untuk membaca buku yang kita beli. Bertanggung-jawab atas buku-buku yang kita pilih, menghabiskannya. Sedangkan mungkin buku itu tidak menarik, atau malah menganggu, dan tidak sesuai ekspektasi kita – sedangkan banyaknya buku di rumah memakan banyak tempat sehingga kita bingung. Mau dibawa ke mana buku-buku ini??

Seringkali juga kita merasa haus bacaan baru. Atau malah ingin mengoleksi bacaan lama yang dulu disuka tapi tidak punya bukunya. Atau buku yang kini sudah lama tidak dijumpai di toko buku. Sedangkan uang di dompet terbatas, perut keroncongan, banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Sementara buku-buku di rumah sudah terlampau banyak untuk ditambahkan buku baru yang mungkin akkhirnya tak terbaca. Atau juga karena koleksi buku di toko buku terdekat tidak memuaskan.

Mungkin sekarang kamu bingung sebenarnya Ndari mau ngomong apa sih, kok muter-muter. Dan kenapa Ndari bener banget, menuliskan kehidupan kamu di atas.

Saya punya jawaban atas keresahan kamu di atas: bookswap!

Tuesday, April 30, 2013

Semusim, dan Semusim Lagi - Andina Dwifatma

Judul: Semusim dan Semusim Lagi
Penulis: Andina Dwifatma
Halaman: 232 hlm
Rilis: April 2013 oleh Gramedia Pustaka Utama
ISBN13: 9789792295108

Ketika saya menemukan buku ini di toko buku, saya menganggap semua hal yang terlihat dalam tampak luar buku ini adalah kontradiktif. Absurd. Bagaimana tidak? Kita lihat saja kavernya. Apa coba, hubungan musim dengan ikan mas koki? Gimana pula ceritanya ikan mas koki bisa duduk dengan santainya?

Monday, April 29, 2013

Close Up Interview with BBI: Dessy Roshinta

Untuk merayakan ulang tahun Blogger Buku Indonesia atau BBI yang kedua, para anggota BBI diberi kesempatan untuk mewawancarai anggota BBI lainnya. Karena dengan semakin banyaknya anggota BBI sekarang, mungkin ada beberapa dari kita yang sudah mengetahui satu sama lain, tapi belum mengenal lebih dalam. Nah.. Ketika Kak Mia mengabari aku bahwa aku akan mewawancarai Kak Dessy, aku senang banget, karena memang aku sudah lama follow Kak Dessy di twitter dan blog (bukan stalking lho ya) dan kagum dengan bacaannya yang keren-keren.

BBI Second Giveaway Hop Winners!

Hai hai!
Maaf baru sempat untuk mengumumkan pemenang giveaway, molor dua hari dari janji saya sebelumnya. *menunduk malu*
Saya mengucapkan banyak terima kasih untuk para peserta yang sudah berpartisipasi dalam giveaway ini. Yang belum beruntung, jangan sedih. Dicoba lagi peruntungannya di giveaway di blog ini selanjutnya ya :)

Dan yang berhak mendapatkan hadiah dari BBI Second Giveaway Hop ini adalah..

Saturday, April 13, 2013

BBI 2nd Anniversary Giveaway Hop


                                             



Selamat ulang tahun, BBI! *siapin tart dari bakpao dan Fanta*
Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, untuk meramaikan ultah BBI yang kedua ini, saya mengadakan giveaway di blog ini!

Selamat ulang tahun, BBI.





Terima kasih untuk 2 tahun yang menyenangkan ini.

Friday, April 5, 2013

Blogger Buku Indonesia 2nd Anniversary



Waaah! Gak terasa Bebi sekarang umurnya sudah 2 tahun! Rasanya baru kemarin saya mendaftarkan blog saya ke BBI. *terharu*

Sejak kenal Bebi, saya bertemu dan berkenalan dengan banyak sekali teman baru. Selain menyalurkan hobi membaca, saya juga berhasil mendapat banyak pengalaman baru dan kesempatan yang berharga, salah satunya dengan menjadi Koordinator Divisi Event. Tak hanya bagi saya sendiri, BBI telah membuka banyak pintu bagi orang-orang yang mencintai buku di Indonesia. Dan semoga BBI akan tetap terus mengudara hingga ulang tahun ke 5, 17, 28, dan seterusnya! :D

Wednesday, March 27, 2013

Waiting - Ha Jin




Judul: Waiting
Penulis: Ha Jin
Halaman: 308 hlm
Tanggal rilis: 1 Januari 1991
ISBN 0375706410 (ISBN13: 9780375706417)

(Review ini ditulis untuk meramaikan Baca Bareng Maret dengam tema Sastra Asia)

Monday, March 18, 2013

Second Chance Summer - Morgan Matson



Title: Second Chance Summer
Author: Morgan Matson
Pages: 468 pages (hardcover)
Publication Date: 8th May 2012 (US) by Simon and Schuester
ISBN 978-1-4169-9067-3

‘The thing is that people only get hurt – really hurt – when they’re trying to play it safe. That’s when people get injured, when they pull back at the last second because they’re scared. They hurt themselves and other people.”
“A thousand moments that I had just taken for granted, mostly because I had assumed that there would be a thousand more.”


Thursday, January 31, 2013

Bumi Manusia - Pramoedya Ananta Toer



Cerita..selamanya tentang manusia, kehidupannya, bukan kematiannya. Ya biarpun yang ditampilkannya itu hewan, raksasa atau dewa ataupun hantu. Dan tak ada yang lebih sulit dipahami daripada sang manusia.. jangan anggap remeh si manusia, yang kelihatannya begitu sederhana; biarpun penglihatanmu setajam mata elang; pikiranmu setajam pisau cukur, perabaanmu lebih peka daripada dewa, pendengaranmu dapat menangkap musik dan ratap tangis kehidupan; pengetahuanmu tentang manusia takkan bakal bisa kemput
-Pramoedya Ananta Toer