Friday, April 5, 2013

Blogger Buku Indonesia 2nd Anniversary



Waaah! Gak terasa Bebi sekarang umurnya sudah 2 tahun! Rasanya baru kemarin saya mendaftarkan blog saya ke BBI. *terharu*

Sejak kenal Bebi, saya bertemu dan berkenalan dengan banyak sekali teman baru. Selain menyalurkan hobi membaca, saya juga berhasil mendapat banyak pengalaman baru dan kesempatan yang berharga, salah satunya dengan menjadi Koordinator Divisi Event. Tak hanya bagi saya sendiri, BBI telah membuka banyak pintu bagi orang-orang yang mencintai buku di Indonesia. Dan semoga BBI akan tetap terus mengudara hingga ulang tahun ke 5, 17, 28, dan seterusnya! :D


Untuk merayakan momen spesial ini, Divisi Event telah menyiapkan tiga acara untuk membuat ulang tahun Bebi semakin semarak. Mau tahu? Yukkkk diintip! J Masing-masing acara sifatnya opsional, boleh ikut ketiga-tiganya, beberapa di antaranya, satu saja, atau malah tidak sama sekali.

1.       1. BBI Giveaway Hop

Giveaway Hop adalah event yang diselenggarakan BBI pada ulang tahunnya yang pertama tahun lalu. Di event ini, para blogger yang terdaftar mengadakan giveaway di blognya masing-masing, dengan tema yang serupa, secara serentak.

Waktu dan Tema:
·         Waktu posting: 13 April 2013 pukul 9 AM
·         Waktu giveaway: 13 April s/d 26 April 2013
·         Pengumuman pemenang: 27 April 2013
Posting Giveaway Hop:
·         Judul (harus seragam: BBI 2nd Anniversary Giveaway Hop
·         Mencantumkan button BBI 2nd Giveaway Hop di atas
·         Teknis pelaksanaan giveaway bebas, boleh menggunakan Google Form maupun Rafflecopter
·         Tema dan jumlah buku yang ingin dihadiahkan juga bebas
·         Anggota BBI hanya boleh menjadi host dan dilarang menjadi peserta. Jadi anggota BBi tidak boleh mengikuti giveaway yang diadakan peserta lainnya. Jika tidak menjadi host pun, anggota BBi tidak boleh mengikuti giveaway yang di-host peserta lainnya. Tujuannya supaya memberi kesempatan yang jauh lebih besar untuk masyarakat luar untuk mengenal BBI sekaligus memenangkan buku. Dan, let’s face it, pasti hampir semua dari kita anggota BBI timbunannya sudah setinggi Gunung Semeru kan.. Biar gak nambah-nambahin dosa timbunan gitu :p *dijitak*

Giveaway ini sifatnya bebas. Boleh diikuti, boleh tidak. Tertarik mengikuti Giveaway ini? Masih punya pertanyaan soal prosedurnya? Bisa langsung menghubungi Contact Person Giveaway Hop ini:
Blog: sinopsisuntukmu.blogspot.com

2.   2.. Close-Up Interview
 Close-Up Interview ini adalah event yang dibuat dalam rangka ulang tahun BBI yang kedua. Selama dua tahun ini ada banyak sekali anggota BBI, tapi sedikit yang benar-benar kenal satu sama lain. Kalau diperhatikan di berbagai social media tempat para anggota BBi sering berkumpul, kebenyakan hanya bicara pada yang itu-itu saja. Nah, Close-Up Interview ini adalah ajang untuk saling tahu dan kenal antara anggota baru dan anggota lama, atau malah sesama anggota lama! :)

Konten Interview: Bebas. Boleh berkutat tentang buku, kecintaan akan membaca, blogging, atau personal. Apapun supaya kalian bisa mengengal lebih dekat dengan blogger tersebut. Minimal 7 pertanyaan.

Waktu dan Tema:
·         3-16 April: Pendaftaran melalui inilinkz di bawah ini
·         13-24 April: Proses interview
·         25 April: Posting interview

Posting Close-Up Interview BBI-ers
·         Format Judul: Close-Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia (Semua harus sama)
·         Melampirkan foto jika ada
·         Melampirkan hasil wawancara dengan bentuk bebas; transkip, esai, artikel, dst. Sekreatif mungkin!

Tertarik? Bisa langsung mendaftar ke sini:
Contact Person: Mia @ Mia Membaca
HP: 08175053626

3.      3. BBI (Berbagi Buku itu Indah): Sebagai pecinta buku, tentu saja sering kali kita membeli buku-buku yang ternyata mengecewakan atau akhirnya tidak disuka setelah dibaca. Tak jarang pula kita kalap ketika toko buku mengadakan diskon besar-besaran dan akhirnya membeli banyak buku, yang malah tidak terbaca dan akhirnya menumpuk di rak, mengumpulkan debu. Mau dibaca? Timbunan masih banyak. Mau dibuang? Sayang.

Padahal, ada banyak sekali orang di luar sana yang ingin membaca dan sangat membutuhkan buku tapi tidak punya akses. Yuk, sumbangkan buku-buku ke orang-orang yang lebih membutuhkan.

Caranya gampang:
·         BBI-ers yang tertarik untuk menyumbang buku bisa menghubungi/mengajak teman-teman BBI sekotanya
·          Cari satu tempat yang lalu disepakati untuk menjadi tujuan bantuan bersama. Tempatnya bisa panti asuhan, rumah sakit, sekolah, perpustakaan atau lainnya.
·         Daftar dengan mengirim e-mail ke sekarwuland@gmail.com beserta nama peserta dan rencana donasi. Intruksi lebih lanjut akan diberikan.
·         Donasi dilakukan selama bulan April.
·         Bagi yang berdonasi dapat memposting pengalamannya dalam mengikuti Berbagi Buku itu Indah ini di blog masing-masing tanggal 31 April.
 ·        Yang ingin melakukan donasi tapi bingung mau menyalurkan ke mana dan dengan siapa, bisa menyalurkan lewat aku dengan mengirim ke alamatku.

Masih bingung? Punya segudang pertanyaan? Bisa tanya langsung ke:
 Contact Person: Ndari @ Bibliophilic Bipolar
HP: 085738479095

Oya, jangan lupa! Tanggal 13 April kita semua posting di blog soal ultah BBI, baik tentang sejarah mendaftar di BBI, kecintaan kalian dengan BBI atau harapan untuk BBI. Boleh tulis artikel, esai, apapun! Bahkan kalau mau edit foto atau bikin video/rekaman suara yang berisi ucapan ultah. Mau nyanyi? Berpuisi? Berpidato? Silahkaaan. Boleh sekreatif mungkin!

Selamat merayakan ulang tahun BBI! :)

No comments:

Post a Comment