Monday, June 3, 2013

Tema Baca Bareng BBI Juni 2013


Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, setiap awal bulan saya akan membuat posting tentang buku-buku yang berada di dalam tema baca bareng BBI. (tema selengkapnya bisa dilihat di sini)

Untuk bulan Juni ini, temanya adalah sastra Eropa dan romance.





1. Sastra Eropa, buku-buku yang ditulis oleh pengarang yang berasal dari negeri-negeri Eropa, misalnya Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, dan lainnya. Buku yang dibaca tidak terbataskan genre, maupun tahun terbit, tapi lebih disarankan untuk membaca buku-buku yang lebih menekankan ciri kesusastraan daerah asal pengarang, atau yang latar Eropanya terasa. Alasannya? Supaya kita bisa melihat perbedaan gaya penulis asal Eropa dengan penulis dari negara lainnya, doooong :D
Daftar buku-buku yang bisa dibaca bisa dilihat di sini, sini,  atau sini.



2. Romance: Romance! Mungkin ini genre yang paling ditunggu-tunggu buat beberapa anggota BBI. Selain karena genre ini yang paling seru dan menyenangkan untuk dibaca, genre ini paling seru untuk diolah karena banyak yang menyepelekan genre ini dan beranggapan genre ini “terlalu mudah”. Eits, padahal kan gak gitu.

Genre romance ini adalah genre yang paling luas cakupannya, karena bisa digabung dengan banyak sub-genre dan latar. Historis, perang, fantasi, horror, drama, erotika, paranormal.. You name it. Kecil atau besarnya porsi romantisme di buku yang dibaca dalam tema ini tidak dipermasalahkan, kok. Segala jenis romance boleh dibaca :D

Judul-judul buku yang bisa dibaca bisa dilihat di sini.

Seperti biasa, bagi yang masih bingung dengan kedua tema di atas, bisa tanya-tanya lewat kolom komentar di bawah ini ya :)

Selamat membaca di bulan Juni!

3 comments:

  1. Yayyy... Aku mau baca play-nya bang Oscar Wilde nih buat Sastra Eropa. ^__^

    ReplyDelete
  2. sastra eropa ada Les Mis, romance ada banyak banget :))

    ReplyDelete
  3. aku baca Pride and Prejudice...sastra eropa sekaligus romance..sekali tepuk 2 tema :D

    ReplyDelete